Kamis, 16 Juni 2011

Bentuk Kegiatan BKPRMI:

  • Melakukan penelitian dan kajian terhadap persoalan-persoalan yang ada di masyarakat dengan memakai pendekatan berbagai disiplin ilmu pengetahuan, guna melakukan pemberdayaan masyarakat secara umum.
  • Melakukan kegiatan aksi/advokasi dalam bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, manajemen, budaya yang didasarkan pada konsep dan pendekatan yang menempatkan masyarakat sebagai pelaku proses pemberdayaan (people-centred development) dan pengembangan potensi yang dimiliki masyarakat (community-based resources management) dengan menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan agama.
  • Melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan jalan melatih dan menyiapkan tenaga-tenaga lapangan yang memiliki wawasan, ketrampilan dan sikap sebagai pendampingan masyarakat, dalam rangka pemberdayaan kehidupan warga masyarakat.

Strategi BKPRMI:

  • Melakukan kritik atas faham-faham sosial dan keagamaan konvensional yang cenderung meligitimasikan status-quo dan kurang berpihak pada kemaslahatan rakyat banyak.
  • Wacana keagamaan yang kritis-dialogis yang bertolak dari problem-problem kemanusiaan yang objektif dan lintas batas (cross-boarder) untuk tujuan menguatkan aqidah dan meningkatkan jiwa kemanusiaan.
  • Membangun, mendorong terjadinya proses-proses perubahan sosial, terutama di lapis bawah, bertolak dari kesadaran kritis warga masyarakat sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

My Blog List

{ margin: 0; padding: 0; cursor:url(http://h1.ripway.com/err13z/jquerymenu/bull.png),text; border: 0; text-align: center; color: $mainTextColor; font-size: small; }