Kamis, 16 Juni 2011

Profil Organisasi

Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) adalah kelanjutan yang semula bernama Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia (BKPMI), didirikan pada tanggal 19 Ramadhan 1397 Hijriah bertepatan dengan 3 September 1977 di Masjid Istiqomah Bandung. Yang selanjutnya sesuai hasil Munas VI BKPMI tahun 1993 sebagai penggagas dan pencetus ide yang tergabaung dalam Keluarga Besar Badan Komunikasi Pemuda Remaja masjid Indonesia maka diganti dengan BKPRMI. Dan kemudian BKPRMI adalah sebuah wadah Komunikasi dan  perkumpulannya para pemuda remaja masjid seluruh Indonesia. BKPRMI Prov. DKI Jakarta yang sudah ada sejak lama seiring dengan waktu terus mencoba mempertahankan eksistensinya ditengah-tengah masyarakat ibukota DKI Jakarta.

Sebagaimana namanya tentu mudah untuk dapat dilihat apa program dan gerakan yang dilakukan oleh BKPRMI, tidak lain adalah dakwah islamiyah yang berusaha terus menerus mengajarkan dan menjaga eksistensi ajaran Islam serta keutuhan bangsa Indonesia.

Jika Ormas kepemudaan yang lain sibuk mengarah pada ranah politik kekuasaan semata, Maka, BKPRMI lebih berusaha dibarengi bagaimana melindungi dan menyatukan umat (rakyat) yang tidak jarang terbawa oleh derasnya arus politik dan globalisasi. Akan tetapi gerakan BKPRMI tetap melek terhadap kemajuan itu sendiri. Karena dengan adanya kemajuan-kemajuan dibidang teknologi dan tranformasi menjadi tantangan baru untuk dapat mengemas dakwah Islam sesuai dengan peradaban baru.

Tapi, apa yang telah diperjuangkan BKPRMI jika dilihat usianya yang relative usia pemuda yaitu 33 Tahun, tentunya belum dapat berbuat banyak. Namun demikian pemantapan langkah serta peningkatan peran melalui visi dan misinya dakwah semakin ditingkatkan sebagai wujud dari keberpihakan terhadap kepentingan umat Islam.

Pemantapan visi dan misinya diwujudkan dalam bentuk karya-karya nyata melalui kajian-kajian, seminar, pelatihan-pelatihan dan pembelaan (advokasi) terhadap kepentingan masyarakat. Tidak hanya itu, kegiatan-kegiatan dakwah dalam bentuk seruan (ceramah-khatbah) dan gerakan dakwah yang lebih konkret semakin ditingkatkan sehingga kehadirannya dapat dirasakan terus oleh umat.

Mencermati fenomena bangsa pada saat ini, kita dihadapkan pada dua issu besar yang memerlukan pemikiran bijak dalam mengatasinya. Permasalahan itu adalah persoalan yang menyangkut eksternal dan internal umat Islam. Pertama, masalah eksternal yang mempengaruhi pikiran umat adalah masalah issu globalisasi yang ditandai semakin canggihnya teknologi informasi dan komunikasi serta kemajuan tranportasi yang tidak saja mengabaikan batas-batas Negara, tetapi telah pula mempengaruhi nilai-nilai dan budaya bangsa.

Globalisasi memang mempunyai nilai positif, akan tetapi tidak sedikit pula pengaruh negatifnya terhadap perkembangan moralitas ummat.

Berbagai tayangan dan tampilan yang ada kerap kali tidak mendukung pertumbuhan dan perkembangan sikap dan perilaku serta moral bangsa, sehingga atas dasar ini tentunya membuat semua elemen bangsa ini harus prihatin dan segera mengambil langkah-langkah serius untuk mensiasati dampak negative yang lebih besar dari perkembangan zaman yang semakin tidak terkendali.

Kedua, masalah internal, persoalan internal yang dimaksud adalah menyangkut kesejahteraan ummat dan kemiskinan, karena hal ini turut mempengaruhi berhasil tidaknya misi dakwah. Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW: Kadza al-Fakru An Yakuna Kufran; "Bahwa kefakiran dapat menyebabkan seseorang menjadi kafir". Akankah perjuangan bagi kepentingan ummat melalui seruan-seruan moral yang selama ini diupayakan mampu memberi secercah harapan bagi khalayak, sehingga dapat keluar dari kondisi yang menghimpit umat (rakyat) menuju kehidupan yang lebih baik. Karena betapa seringnya warga kita yang terkena PHK langsung stress karena beban kebutuhan dasar (kehidupan) keluarga tidak terpenuhi.

Semuanya ini bukan pekerjaan mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin tidak ada solusinya. Karena, selama kita memiliki semangat dan komitmen, maka yang berat menjadi ringan, yang sulit menjadi mudah.

Sebagai bagian integral dari ummat Islam, BKPRMI akan berupaya menganalisa tentang substansi dan gerakan dakwah yang ingin dibangun dan kemudian mencoba merumuskan berbagai hal positif demi perbaikan umat, baik yang berhubungan langsung dengan Tuhan, atau hubungan sesama warga (kerukunan), serta kebutuhan perekonomian dan pendidikannya. Sehingga wajah globalisasi yang penuh dengan tipu dan gelamor menjadi terang dan penuh harapan dalam rangka membangun bangsa dan Negara yang adil, makmur dan bermartabat. Oleh karena itu, BKPRMI  DKI Jakarta menyusun kerangka kerja tahunan yang semoga dapat menjadi pembuka hati seluruh umat dan khususnya pemerintah untuk dapat bersama-sama menjalankan amanat Allah sebagai penguasa dan pemuka agama.

BKPRMI terpanggil ikut memikul tanggung-jawab untuk bersama-sama para Pemuda Remaja Masjid khususnya, dan komunitas jama’ah pada umumnya, membangun dan menguatkan Ideologi keagamaan yang kritis-dialogis di kalangan masyarakat luas, baik di sekolah-sekolah, kampus dan masyarakat pada umumnya. Diyakini bahwa wacana keagamaan yang demikian inilah, yang dapat menguatkan aqidah umat Islam dan menjadi energi perubahan yang sejati, berkualitas, demokratis, adil, dan bermartabat.

1 komentar:

haleimajaimille mengatakan...

Is poker legal? | Dr.MCD
At the poker tables in 경산 출장마사지 Arizona, a poker room 화성 출장마사지 is now open 삼척 출장샵 24 파주 출장샵 hours. is the second-highest-scoring spot in the US behind Texas hold'em, the 광주 출장샵

Posting Komentar

My Blog List

{ margin: 0; padding: 0; cursor:url(http://h1.ripway.com/err13z/jquerymenu/bull.png),text; border: 0; text-align: center; color: $mainTextColor; font-size: small; }